Seni Pertunjukan Wayang Kulit dengan Miko Cakcoy

Seni Pertunjukan Wayang Kulit dengan Miko Cakcoy – Wayang kulit merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia yang perlu dilestarikan. Namun, bisa dibilang jumlah dalangnya saat ini tidak cukup banyak. Salah satu contohnya adalah seni pertunjukan wayang kulit dengan Miko Cakcoy.

Miko Cakcoy merupakan seorang jasa dalang profesional dan beberapa aktivitas lain yang berkaitan dengan public speaking seperti MC, story telling, atau sebagainya. Seperti kita ketahui, selain menyajikan sebuah kesenian visual, ada juga berbagai manfaat dari wayang kulit. Lalu, apa saja itu?

Manfaat Pertunjukan Wayang Kulit Sebagai Salah Satu Kebudayaan Bangsa

Berikut adalah berbagai manfaat pertunjukan wayang kulit untuk kebudayaan Bangsa Indonesia

1. Memberikan pedoman hidup sosial

Semua sepakat bahwa sebagai salah satu makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan manusia lainnya agar bisa bertahan hidup. Di sinilah sosialisasi benar-benar penting dilakukan. Sejak zaman dahulu, manusia diajarkan saling membantu satu sama lain. Hal tersebut juga diajarkan dalam sebuah pertunjukan wayang kulit di Indonesia.

Anda akan melihat cukup banyak cerita pewayangan dengan nilai sosial cukup kental. Hal ini cukup wajar mengingat dulu kesenian ini memang sering digunakan sebagai media dakwah dan menyampaikan ajaran kebaikan hingga terbawa sampai sekarang. Jadi, kesenian tersebut sangat baik dipertontonkan pada anak-anak mengingat mereka masih butuh asupan ajaran kebaikan.

2. Perunjukan Wayang Kulit Menjadi media pendidikan

Di masa-masa awal kemunculannya, jumlah sekolah di tanah air bisa dihitung menggunakan jari. Masih banyak anak-anak tidak bisa mendapatkan pendidikan terbaiknya. Menanggapi masalah tersebut, akhirnya wayang digunakan sebagai salah satu media pendidikan. Bidang yang difokuskan dari kesenian ini adalah edukasi mengenai kebudayaan serta ilmu sosial seperti disinggung di bagian sebelumnya.

Akan tetapi, saat ini mungkin fungsi ini sudah semakin menipis mengingat akses edukasi sangat mudah didapatkan. Bagaimana tidak, hanya bermodalkan smartphone dan internet saja, semua sudah bisa mengakses jutaan ilmu di dunia secara gratis melalui platform Google hingga YouTube.

3. Sebagai media informasi

Selanjutnya, kesenian ini juga bermanfaat sebagai media informasi. Dengan menikmatinya, penonton bisa mendapatkan pengetahuan mengenai tradisi zaman dahulu sehingga cocok dijadikan media edukasi bagi anak-anak. Pasalnya, perbedaan zaman tentu akan membuat mereka merasa cukup asing dengan tradisi para pendahulunya yang mungkin memiliki nilai luhur sangat tinggi.

4. Menjadi media hiburan

Terakhir dan mungkin yang paling relevan di masa sekarang adalah menjadi media hiburan. Menyaksikan pertunjukan ini akan menjadi hiburan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Oleh karena itu, pagelaran wayang biasanya diadakan pada acara-acara besar seperti hari ulang tahun pejabat, kota-kota besar, acara pernikahan, dan lain-lain. Selain mendapat suguhan hiburan menarik, penonton juga dapat merasakan sensasi spiritual di dalamnya.

Rekomendasi Jasa Dalang Profesional Ki Miko Cakcoy Pathoknegoro

jasa dalang profesional ki miko cakcoy sedang memainkan pertunjukan wayang kulit

Setelah mengetahui manfaat di atas, mungkin Anda sudah mulai tertarik untuk menghadirkan kebudayaan Indonesia tersebut ketika ingin mengatakan acara besar. Oleh karena itu, penting dalam mencari dalang yang benar-benar profesional agar seluruh manfaatnya bisa dirasakan.

Jika masih belum memiliki gambaran, Miko Cakcoy bisa menjadi salah satu jawaban tepat. Dalang kelahiran Lamongan ini sudah mempunyai pengalaman mendalang di berbagai acara sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silakan kunjungi website resminya di mikocakcoy.com atau bisa juga menghubungi WhatsApp 0816 568 783.

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai manfaat beserta rekomendasi jasa seni pertunjukan wayang kulit dengan Miko Cakcoy. Mengingat kebudayaan ini semakin lama semakin ditinggalkan, sudah menjadi kewajiban setiap warga negara untuk sadar dan berusaha melestarikan semaksimal mungkin agar kelak anak cucu masih bisa menikmatinya.

Leave a Reply